Tuesday, June 2, 2009

Perhatikan Perubahan Semuanya Benar

Aneh rasanya setiap pertanyaan yang pernah saya lontarkan pada pasangan saya, ujung2nya pertanyaan itu menjadi sebuah tanda adanya kebenaran. Awalnya bingung namun lama2 sadar juga. Dan mungkin ini membuat sedikit bisa mempertahankan hubungan tetap harmonis.
1. Lihat dan perhatikan pasangan anda. Kemudian berpikirlah. Terkadang kita suka melewatkan hal-hal prilaku kecil pasangan anda. Jika perilaku kecil itu baru muncul itu petanda ada sesuatu yang berubah pada diri pasangan anda. Contoh; selama ini anda tidak pernah melihat dia membeli permen mint saat ada di minimart. Namun suatu ketika beberapa kali dia membeli permen mint. Jika anda menganggap ini bukanlah hal yang penting dipikirkan maka anda telah menjadi pasangan yang tidak akan pernah bisa memperbesar ikatan batin anda dengannya. Percayalah. Karena jika dia bukan perokok namun dalam beberapa kesempatan suka membeli perment mint, jelas dia beli permen itu untuk anda tidak kan pernah sadar bahwa dia merokok. Betulkah selalu begitu? Ehm kemungkinan besar menurut saya iya. Contoh lainnya, perhatikan HP nya. Jika pasangan anda dulunya tidak pernah menghapus SMS baru yang masuk, namun beberapa hari anda melihat SMS di HP pasangan anda tidak terlihat ada SMS baru, wawa kemungkinan besar ada yang disembunyikan dari anda. Tetapi INGAT, mengecek SMS di HP pasangan Anda bukan suatu hal yang buruk kok, wajar jika kita sebagai pasangan ingin mengetahui topik2 apa yang sedang dibahas dengan teman2nya.

2. Jika anda mendapatkan perilaku baru, cepat2la bertanya. Bertanya dengan diplomasi. Misalnya dia mulai sering beli permen mint maka anda dapat bertanya demikian "Terkadang saya berpikir bagaimana ya rasanya merokok dan mengapa orang begitu bisa ketagiahan dengan rokok?Kamu sendiri mau merokok atau pernah mencoba merokok?" Lalu dengarkan cara dia menjawab. Adakah keraguan, biasanya jika pertanyaan ini mengena, kebanyakan pasangan anda akan tersenyum dan baru menjawab dengan singkat, sebab otak kiri bekerja keras untuk berbohong akan pertanyaan yang tidak disangka ini. Atau anda bisa bertanya, " Kamu akhir2 ini suka beli permen mint, mengapa?" Tentu pasangan anda tidak jawab dengan jujur, namun setidaknya anda sudah dapt data baru untuk mulai membaca apa yang terjadi. Banyak yang bisa anda lakukan untuk mulai melihat perubahan pasangan anda dengan bertanya apa saja seputar kebiasaan baru pasangan anda. INGAT BANYAK BERTANYA BUKAN BANYAK BICARA.

3. Siap-siap investasi perasaan anda kembali saat anda sudah menemukan bukti akan perubahan pasangan anda, jika perubahan itu membuat anda tidak nyaman, jangan langsung marah dan ingin mengubah kembali seperti awal. Pelan-pelan mungkin butuh waktu 2 sampai 3 minggu. Carilah banyak data tentang efek-efek negatif perubahan tersebut. Misalnya mengajak diskusi seperti ini "Wah teman-teman kebanyakan merokok dengan rokok mild, kamu sekarang mulai merokok, meskipun saya tidak suka namun ini pilihan kamu, dan pilihan orang lain memang berbeda,kamu merokok jenis apa?" Kemudian dengarkan. Mendengarkan dengan seakan-akan kamu sudah bisa menerimanya. Beberapa hari kemudian mulai cerita dengan data baru "Tadi saya dengar radio, seorang dokter berkata 2 menit hisapan terakhir rokok itu membentuk partikel kanker lho, saya sayang kamu dan tidak mau kamu sakit kanker lho..." Dan STOP! Jangan minta dia berhenti merokok. Itu saja sudah cukup. Gunakan cara lain dengan kasus2 yang berbeda.

Ingat pasangan Anda bukan ROBOT YANG STATIS DAN TIDAK HIDUP SENDIRI. PASANGAN ANDA MEMPUNYAI LINKUNGAN YANG CEPAT MEMPENGARUHI PERILAKUNYA. TUGAS ANDA MEMBUAT DIA NYAMAN DAN DAPAT BERJALAN BERSAMA DENGAN ANDA SESUAI MIMPI ANDA BERDUA.
Jadi jika anda selam ini tidak sama sekali menemukan perubahan pada pasangan anda justru anda harus waspada.
Happy loving

No comments:

Post a Comment