Wednesday, August 12, 2009

Bukan Cari yang cocok Buat Anda namun Buat Dia cocok Untuk Anda (Cara Buat Dia cocok Untuk Anda)

Bukan Cari yang cocok Buat Anda namun Buat Dia cocok Untuk Anda
(Cara Buat Dia cocok Untuk Anda)


Seorang teman bertanya “Bagaimana buat dia cocok?”. Terkadang memang berteori lebih mudah daripada melakukan. Namun hal ini dapat saja ditepis jika anda juga mulai mengerti bagaimana memperlakukan manusia secara tulus dan gunakan cinta.

Ada cara membantu anda mengerti apa itu ketulusan dan mengubah pasangan anda menjadi cocok dengan anda;
1. Built mutual understanding (Bangun saling pengertian)
Membangun saling pengertian dapat dilakukan dengan komunikasi dan buat sebuah topik tentang pandangan hidup. Misalnya buka topik “apa pendapat kamu tentang wanita merokok” dan topik sejenis lainnya yang berhubungan dengan prinsip. Namun topik ini dibuka bukan untuk memunculkan perdebatan. Anda harus setuju setiap pemikiran pasangan anda dan mulai sedikit demi sedikit tanpa sadar bahwa anda memasukan pemikiran anda . Misalnya dia setuju dengan wanita merokok namun sebenarnya anda tidak setuju. Anda dapat berbicara seperti ini “Ya memang meroko sudah menjadi gaya hidup dan tidak larangan wanita untuk merokok, itu hak dia dan dia bisa tanggung jawab akan resiko yang dia alami karena merokok, Misalnya bla bla (Mulai cerita ruginya bagi anda jika wanita merokok)” Dan jangan panjang lebar. Simpel aja.

2. Win-win solutions
Banyak dari kita menganggap membuat orang cocok dengan kita itu sulit dilakukan. Iya, memang sulit namun bisa. Bukankah cinta dapat mengalahkan segalanya?. Baik saya akan beri anlogi klub Sepak Bola Chelsea. Klub ini banyak membeli pemain hebat dalam semusim. Dan harganya tidak murah. Namun bukan karena pemainnya hebat. Bayangkan tidak semudah yang anda bayangakn membeli pemain baru yang bekas dari tim lain dan mungkin sudah bertahun-tahun menggunakan strategi yang sama dan tiba-tiba dituntut bermain strategi Chelsea. Namun kenapa pemain tersebut dengan mudah dan cepat mengikuti strategi baru? Karena bayarannya sesuai dengan usaha yang dilakukan untuk melakukan penyesuaian sehingga pemain dengan senang hati berusaha. Inilah yang harus dilakukan setiap pasangan, mencari solusi menang2 untuk setiap masalah untuk setiap komitmen.

3. Kembangkan Human Skill
Banyak dari kita merasa sudah paham benar dengan pasangan kita. Merasa sudah mengerti merasa apa yang selama ini dilakukan benar. Namun jangan besar kepala. Manusia bukan statis, mereka kadang memiliki pemikiran dan pandangan yang berubah. Oleh karena itu kembangkan terus keingin tahuan anda terhadap perubahan pasangan anda. Sehingga jangan heran anda pernah berkata “ Dulu kamu gak seperti ini, kenapa sekarang seperti ini?” Inilah tanda-tanda pasangan anda mulai berubah. Dan ini tanda anda pun harus berubah demi hubungan anda. Tentu harus ada kesepakatan bahwa perubahan seperti apa yang diingankan berdua. Sekali lagi butuh ketulusan.

4. Siap untuk dimanfaatkan
Anda harus siap untuk dimanfaatkan pasangan anda karena ini tanda bahwa anda bermanfaat untuk anda. Jika anda mulai merasa bahwa anda sudah tidak cocok karena merasa anda terus yang mengalah sudah saatnya anda mulai bangun sebuah komunikasi kembali. Buat topik yang santai dan tidak mengundang perdebatan. Misalnya “ saya senang bisal lakukan sesuatu yang membuat kamu nyaman, seperti yang tadi saya lakuakn, kira-kira apakah sudah baik yang saya lakukan?” tunggu jawabanya da apa pun jawabanya terimalah dulu dan mulai berkata “ baguslah, dan seandainya suatu saat saya ada halangan untuk lakukan apakah tidak keberatan saya tidak lakukan? Saya juga senang klo kamu lakukan saya sesuatu seperti misalnya waktu itu kamu lakukan (Pikirkan apa yang pernah dia lakukan untuk kamu se simpel apa pun).

Jadi, ingat buat dia cocok dengan anda..Happy Loving

No comments:

Post a Comment