Monday, January 4, 2010

Evaluasi Diri Adalah Kunci Keharmonisan


Sering kita saat pacaran menemukan jalan buntu dalam penyelesaian masalah...Hal ini juga pernah dialami saya...Banyak dari kita dan termasuk saya tidak bisa mempertahankan hubungan untuk menuju pernikahan...Hal ini disebabkan karena masalah2 yang sering muncul berulang-ulang hinggah berada pada titik kejenuhan...

Sampailah pada saat di mana keharmonisan sudah tidak ada lagi,,,boro2 mikirin pernikahan yang sudah direncanakan...Mikirin untuk lanjut saja sudah mengerikan,,,

Jalan yang sering digunakan untuk masalah ini biasanya adalah tiap pasangan memberikan kesempatan untuk sendiri dan evaluasi diri,,,dan pada umunya banyak evaluasi diri mala digunakan untuk mengevaluasi 'calon pasangan' baru,,,hehehe

Kenapa kadang kita suka terjebak saat sepakat untuk sendiri dulu mala muncul orang lain yang begitu nyaman dengan kita? Seakan dia lebih baik dari yang lama...hehehe Bisa saja itu benar dia lebih baik karena ingat JODOH di tangan Tuhan kan?

Nah saya mencoba membantu kamu dan diri saya sendiri juga dalam melakukan evaluasi diri terhadap kegagalan dalam menjalin hubungan hingga ke jenjang pernikahan

1. BERANI MENGINGAT KEMBALI KESALAHAN KAMU YANG SEKONYOL-KONYOL nya yang pernah kamu lakukan terhadap pasangan kamu. Saya sering merenungkan apa sich kesalahan yang pernah saya lakukan,,,Lalu mencoba untuk tersenyum dan mengaku ini memang kesalahan saya...Kenapa kita harus lakukan ini? Sebab jika pada akhirnya kamu tidak lagi bersama dia, dan mendapatkan yang lain kamu pun bisa lebih dewasa dalam menghadapi segala masalah yang muncul...

2. JANGAN SELALU MENGANGGAP BAHWA SAYA SUDAH CUKUP BANYAK MENGALAH...
banyak dari kita terjebak dan merasa diri sudah benar...Merasa bahwa saya sudah memberikan yang terbaik selama ini.,,,Wah bagian ini adalah bagian yang paling menusuk buat saya,,,Saya sering merasa diri sudah benar...Hasilnya? Pasangan tidak merasa nyaman,,,Berharap semoga pasangan kagum dengan pengorbanan kita mala justru membuat pasangan eneg sama kita,,,hehehe
Oleh karena itu kita harus belajar untuk benar2 ikhlas saat melakukan sesuatu bahkan tidak merasa kita lebih banyak berperan dari pasangan kita...

3. Saat kamu benar2 menghadapi keadaan hubungan sudah diujung tanduk,,,cepat2 slotkan waktu kamu kapan kamu ingin sendiri..Misalnya begini jika sekarang hari Selasa,kamu merasa masalah ini sudah diujung tanduk,cepat2 berpikir hari Rabu kapan kamu benar2 sendiri,,kamu bisa jalan2 ke mall sendirian,nonton sendirian, dan janganDIRUMAH...Lalu terus lakukan evaluasi diri di mall misalnya (JANGAN BELANJA YA KLO DUIT UD TIPIS hehehe)...Hal ini membuat kamu lebih rileks dan berpikir lebih jernih,,,Kamu bisa merasakan bahwa kesendirian atau nanti bersama dia bukan ada pada masalah yang sekarang kamu hadapi namun ada pada apakah benar yang kamu pertahankan itu bermakna untuk masa depan kamu...

4. Terakhir,please make some list...List tentang pacar kamu,,,Buat di secarik kertas dan bagi dua kolom...Kolom pertama hal buruk yang pernah dilakukan atau sikap buruknya dan kolom satunya lagi HAL BAIK yang pernah dia lakukan atau sikap baiknya...Yang satu ini kamu akan kaget sebab apa pun hasilnya jika yang baik lebih banyak sebenarnya mungkin dia yang terbaik buat kamu...

Semoga kita bisa melewati hubungan dari pacaran mencapai kejenjang yang lebih serius,,,

Denny Dominicus
Happy Loving!

2 comments:

  1. den, knp ya gw suka takut kalo harus break dulu?gw merasa itu bukan solusi yg bagus, it just makes me sad. syukur2 me & my BF are just fine, dan sempet hampir break. ihh gak bgt deh. amit2. but thanks den I like yr post.

    ReplyDelete
  2. Shit,lo tauk>gw yg ud pacaran hampir 9th pun harus break Shit,,entalah mengapa bagi gw ini jalan terbaik, sebab mkg jika dipertahankan akan lebi terlihat memaksa...gw pernah memaksa hasilnya tetap saja break...biarkan menjauh dahulu demi sebuha keharmonisan kembali dan atau paling tidak kita bs belajar bnyk akan hal ini...Happy Loving

    ReplyDelete