Wednesday, October 28, 2009

Bagaimana Cara Meminta Maaf Yang Benar dan Tulus

Wa,suda lama ni saya tidak update blog tentang trik dan tips. Saya baru saja dapat ide untuk menulis blog baru. Ini berlaku untuk rubrik membangun relasi dengan pacar namun juga berlaku untuk kehidupan sehari-hari.

Oh ya, sebelum terjadi kesalah pahaman dan jika ada yang merasa tersinggung dengan isi blog ini, mohon maaf ini memang disengaja karena jaman teknologi canggih seperti ini, kegunaan Blog adalah menuangkan segala pikiran yang ada dari si blogger terhadap banyak hal dan terutama dari pengalaman.^_^'

Tanggal 28 Oktober 2009, saya harus menunggu Lani (Pacar saya selama 8tahun) latihan untuk saya jemput,sebagai pria gentle (hehehe) tentu tidak membiarkan wanitanya pulang sendirian pada jam 12malem,jd saya rela menunggu di rumah dan keluar rumah untu menjemputnya.

Sialnya, Lani waktu itu lupa bawa HP,jadi klo mau hubungi saya harus lewat Hp orang lain. Nah waktu berjalan, saya dapat SMS dengan nomor asing, berbunyi pesan "Den,latihanya sampe jam 11 ni.Kmu tlp Lani ke no ini dnk"

Langsung saya tlp,tidak ada jawaban samapi tiga kali.
Akhirnya saya SMS dengan mengatakan 'Dny ud tlp 3x gak diangkat,ya ud klo ada yang anterin Lani plg,dny plg, karena besok dny jd moderator pagi2.Kabarin Cepat.thx"

1jam gak d kabar sampai ada SMS berbunyi 'Den ud selesai ditunggu di xyz (Tpt disembunyikan)"

karena tpt itu lumayan jauh saya bergegaslah menuju ke sana. 20menit saya tiba. Sampai di sana saya tidak menemukan sapa-sapa. Saya tlplah dan diangkat tmnnya Lani dan dia jawab "Sori,ini baru mau bayar dulu, bentar lagi jalan"

Set da, terus SMS yang saya terima 20mnt lalu itu apa ya?hehehe
tetapi gak masalah untung HP saya lumayan smartphone jd bisa fesbukan...

Di FB kan ada tulisan "Whats on ur mind",,,saya tulislah "Its different between finish and almost finish"
Trus karena masi lama nunggu di jalan saya tulisa lagi yang intinya saya kesal harus menunggu karena bukan kesalahan saya.

Tidak disangka, status itu akhirnya direspon oleh tmn Lani, dan dia minta maaf namun setelah itu mengatakan saya childish karena curhat di FB...Wadu itu minta maaf atau ajak perang baru???

Tetapi saya ingin buktikan saya bukan childish sehingga saya SMS lsg teman Lani tersebut. Saya katakan "Ud saya maafkan,seharusnya status di FB itu gak perlu dikomen,jdnya gak d yg tau sapa yg dimaksud,lagian FB kan ada tulisan 'Whats on ur mind" ya kebetulan itu lah dalam pikiran saya,dan semua org lakukan hal yang sama,jd bukan childish dong?"hehehe

Nah apa inti dari blog ini,saya belajar sesuatu dari pengalaman ini

1. JIKA KAMU MAU MINTA MAAF dengan pacar,ortu, atau teman, YA UD MINTA MAAF AJA TANPA PERLU NUNJUKIN DIA JUGA SALAH!!!. Misalnya, kamu datang terlambat dari janji ketemuan, trus pacar kamu langsung jutek dan judes. Eh kamu mala bicara gini 'Ya ud yank,saya minta maaf, kamu gak us jutek gt dnk ma saya,kan saya ud minta maaf"...nah ini akan memicu pertengkaran baru.

2. Ucapkan minta maaf secara langsung. TELEPON klo tidak sempat ketemu orangnya. Jangan lewat SMS, apalagi lewat FB ^_^. Kecuali di tlp gak diangkat bolelah via sms. Dan usahakan isinya demikian "Saya minta maaf atas kesalahan saya,,,saya tau saya salah,dan apakah kamu memaafkan apa tidak itu terserah kamu,yang jelas di sini saya salah dan telah meminta maaf". Jadi ucapan maaf kamu ini terlihat tulus. (Jurus ini dari speaker2 hebat dalam bidang personal development, character building dan attitude,jadi saya gak bicara sembarangan)

3. Meminta maaf itu SULIT!!! DAN MEMAAFKAN LEBI SULIT. Saya pun juga kadang sulit memaafkan. Bilangnya sich ud saya maafkan,tetapi kesalahanya tidak saya lupakan.hehehe Tetapi biasanya saya akan cepat memaafkan jika orang yang meminta maaf tersebut memintanya berkali-kali dan tanpa mencari jati diri biar setelah minta maaf harga diri tetap ada (Nti hasilnya cari kesalahan org yg dia minta maafin). Jadi buat teman2 yang ingin minta maaf,ucapkan lah tanpa perlu membela diri dan memperlihatkan kesalahan kamu sebenarnya kecil. Kecil bagi kamu blum tentu bagi orang lain.
Jadi katakan saja pas ketemu "Adu,,minta maaf banget ya,banget banget,gw gak enak ni ma lo,sori ya...gw salah" STOP ud gt doang!!! Nah pas pamitan ucapin lagi "Benar ya td gw minta maaf,sori lho" Ud STOP gak us jelasin apa2 lagi. PASTI TU ORG LUPA KESALAHAN KAMU KARENA DIA CUMA INGAT KATA MINTA MAAF JADI DIA HARUS MEMAAFKAN KARENA ADA YANG MINTA MAAF.hehehe

So semoga tips ini berguna buat teman2

Happy Loving

2 comments:

  1. postinganya keren

    visit: http://www.rah-fan.co.cc

    ReplyDelete
  2. Kecil bagi kamu blum tentu bagi orang lain.
    setuju, udah aku coba sarannya tapi ga di respon.. #hadehh

    ReplyDelete